Langsung ke konten utama

Empat Tahun Kemudian

"Hahaha sayangnya sekarang gw udah ga peduli yaa apapun yang lo lakuin, pergi aja lo jauh jauh dari hidup gw"

Lantas aku berurai air mata. Masihkah kau acuh kepadaku sampai detik ini? Aku yakin tidak. Aku bahkan sebaliknya kepadamu, mengingat kau penuh seluruh.

Malam ini sedikit sunyi. Hanya suara kipas laptop tuaku dan denting jarum jam dinding yang menemani. Sudah agak larut memang. Aku yang sejak tadi sibuk berselancar di dunia maya, tak sengaja membuka-buka lagi kotak surat di facebook. Kau bisa menerka apa yang kudapati. Ya, surat-menyurat kita.

*********

Satu jam sebelum kubuka facebook, ada beberapa hal yang membuatku berkaca-kaca. Berhubungan dengan 'surat-menyurat', aku sedikit menahan tangis, menenyembunyikan haru juga kupendam rindu. Ketika mata dan jari-jari ini mulai lihai di depan layar, kubuka (lagi-entah berapa ratus kali) inbox 'bekas' kita jaman jahilliah dahulu. Tertanda tanggal 9, bulan 9, tahun 2009. Isinya tak lain keributan kita. Hingga baru kudapati bahwa keributan kita dimulai sejak Juni, 25 tahun 2009. Oh, aku menyesal.

Kamu benar-benar murka dan aku tak menegerti bagaimana mendamaikannya. Kamu pernah sangat kecewa padaku hingga aku tak tahu harus berbuat apa. Bahkan aku tak bisa menunjukkan betapa berharganya kamu dalam hidupku setelah kau memakiku, "gw ga ngerasa jadi orang pertama yg tau kondisi lo. gw juga sadar ga semua tentang lo, gw mesti tau. karna gw emang gada arti apa2 di hidup lo. tenang aja, gw udah bisa terima kok." Sungguh aku masih sangat hancur.

Ingin kuhapus memori tentangmu, namun tak sampai hati ini melakukannya. Ingin kulupakan kenangan kita, tapi tak mungkin dapat kulupakan. Maafkan aku untuk semua kekecewaan yang pernah kau telan dariku. Maaf jika kepedulianku tentangmu tak pernah nampak. Maaf jika sampai detik ini aku masih saja merindukanmu.

Jangan pernah pergi, Ras... Jangan... Tak rela rasanya ditinggal sahabat terbaik sepertimu. Aku mohon...



Rest in Peace Ni Wayan Desi Larasani, 16 Desember 1993 - 28 Juli 2010


Komentar

Pos populer dari blog ini

UNIVERSALISME VS PARTIKULARISME

Menurut survei yang dilakukan oleh Political & Economic Risk Consultancy yang berbasis di Hongkong, Indonesia adalah negara paling korup dari 16 negara di kawasan Asia Pasifik. (Kompas, 2012) Fakta yang mengkhawatirkan. Dengan indeks persepsi korupsi sebesar 1.9 dari angka terbesar 10, Indonesia dianggap sejajar dengan negara-negara baru yang sampai hari ini masih dililit masalah peperangan di mata internasional. kerugian akibat korupsi sama dengan dampak perang, bahkan bisa jadi lebih. Tentu Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN)  bukan istilah yang asing lagi di negeri ini. Menjelang jatuhnya Soeharto, KKN ramai disinggung dan dibicarakan. Pada masa reformasi, KKN semakin sering dibicarakan untuk diperangi demi pemerintahan yang bersih (good governance).

Operasi Geraham Bungsu (Impaksi)

Tulisan ini kubuat atas dasar pemikiran kawanku, Pandu Ashari, yang mengusulkan untuk dikenang dalam blog. Sungguh, ia sangat mencerahkan. Lumayan, menambah warna tulisan di blog ini, tak selalu kelabu (read: galau).
*********
Aku terlahir sebagai anak yang malas menggosok gigi. Biya kecil, dulu, kalau makan selalu diemut dan lama. Konon, nasi-nasi atau makanan yang ada di dalam mulutku bisa sampai kubawa tidur saking lamanya mengunyah. Belum lagi ketergantunganku dengan minum susu di botol sambil tidur belum hilang sampai kelas 2 SD. Parah. Jangan tiru adegan itu ya. (Kalau punya sepupu, keponakan atau anak, cegahlah mereka.)

Ngurus STNK di SAMS(SUCK)AT

Jadi gini, pada hari Selasa, 5 Februari 2013, gue pergi bersama abang sepupu ke kantor SAMSAT di deket SCBD, Semanggi, buat ngurus STNK abang kandung yang hilang beserta dompet dan isinya. Dari latar belakang itulah lahir pengetahuan dan pengalaman gue ngurus keribetan birokrasi negeri ini dan sogok-menyogok depan mata.

Pertama-tama, pastikan dulu motor lo itu wilayah mana. Bisa dilihat dari tiga huruf di belakang plat nomer. Kalau huruf depannya T, berarti segala administrasi, berkas, data dan lain-lainnya ada di SAMSAT Jakarta Timur (T). Kalau B ya barat, S ya Selatan dan seterusnya. Contohnya motor gue B XXXX TPS, nah, udah pasti di timur lah ya.